Kalau saya tidak salah tangkap, yang dimaksud dg "tipe makanan" = guild
jenis burung, bisa dilihat di :

Lambert, F. R. (1990) Avifaunal changes following selective logging of a
north Bornean rain forest. Report to the Danum Valley Management
Committee, Sabah Foundation and the Socio-economic Research Unit of the
Prime Minister's Department. University of Aberdeen, Aberdeen.

... tapi sepertinya report di atas sulit diakses. guild beberapa jenis
burung sunda besar bisa dilihat di appendix:

F. R. LAMBERT and N. J. COLLAR (2002) The future for Sundaic lowland
forest birds: long-term
effects of commercial logging and fragmentation. FORKTAIL 18 (2002):
127-146.

yang diatas bisa diakses di:
http://www.orientalbirdclub.org/publications/forktail/18pdfs/Lambert-Sun\
daic.pdf

semoga membantu,
Salam,
DwiM

--- In sbi-info@yahoogroups.com, Kang Bas <bask...@...> wrote:

> Salam
>
> Tipe makanan mungkin yang dimaksud? Secara garis besar saya kira sudah
disebutkan di buku MacKinnon (SKJB), meski memang tidak detil. Untuk
info yang lebih agak detil malah gunakan saja MacKinnon yang lama (Jawa
Bali), meski juga hanya disebutkan golongan-golongannya saja. Namanya
saja Field Guide, bukan buku ekologi pakan burung.

> Untuk mengetahui jenis pakan yang rinci, perlu merujuk hasil
penelitian, jurnal misalnya. Kira-kira yang ingin diketahui pakannya
dari jenis burung apa?

> KB
>
> --- On Sun, 12/14/08, fajar adhy adhiey...@... wrote:
> salam,
>
> permisi semua... maksud hati mau mohon bantuan at petunjuk, saya lagi
nyari buku tentang burung dan keterangan tipe2 pemakan-nya utk masing2
spesies, krn ada beberapa yang belum ketemu sampai sekarang, dah nyari
di McKinnon masih blm jg ktm..