Dear moderator and rekans..

Mau berbagi sedikit cerita nih tentang raptor yang ada di medan...

Hari ini (Kamis 29 Oktober 2009, pukul 16.45) secara tidak sengaja aku
menjumpai 3 ekor Elang Bondol (Haliastur indus) di Taman Ahmad Yani Medan. Yang
uniknya, pada saat bersamaan juga muncul 1 ekor Elang yang ukurannya cukup
kecil. Tidak lama kemudian muncul 1 lagi elang yang ukurannya juga lebih kecil
dr ukuran si Elang bondol. Menurutku itu jenis Accipiter. Sebagai catatan
sekitar bulan 3 lalu aku pernah menjumpai 2 ekor Elang Alap Shikra (Accipiter
badius) di taman ini. Dan berhubung karena awalnya bukan berniat untuk
birdwatching, aku ga bawa perlatan "perang", jadi ga bisa melihat jelas jenis
elang kecil tersebut. Jarak aku dengan kedua jenis elang tersebut tidak lebih
dari 100 m.

Cerita berlanjut...
Sepertinya si elang Bondol sedang mengejar kedua Accipiter tersebut. Saat si
Elang kecil muncul, si elang ini mengeluarkan suaranya yg cukup khas dan
nyaring, selanjutnya hinggap di sebuah pohon yang cukup rindang, disusul elang
kecil yang satunya lagi. Kedua elang kecil ini (Accipiter) terus mengeluarkan
suara (ga tahu tuh apakah sebagai gertakan agar ketiga elang bondol pergi atau
sebagai ungkapan rasa takut akibat dikejar2..hehe). Ketiga elang bondol
tersebut terus terbang berputar-putar di sekitar pohon tempat Accipiter tadi
hinggap. Kejadian ini berlangsung cukup lama (sekitar 10 menit), dan tidak lama
kemudia ketiga elang bondol ini terbang menjauh dari lokasi tersebut.
Aku gak tau nih apakah ini adalah tingkah laku yang biasa diantara kedua jenis
elang ini, dimana elang bondol mengejar Accipiter.

itu dulu cerita tentang raptor dari medan, mudah-mudahan bisa menjadi sedikit
informasi tentang keberadaan raptor yg ada di medan.

Salam
Hasri Abdillah/Sumatra Rainforest Institute