From: Agus Suprayogi
To: silatindonesia@yahoogroups.com
Sent: Friday, June 15, 2007 10:04 AM
Subject: Re: [silatindonesia] Re: Pesilat Amrik

tetapi kebaikan dan keburukan itu tidak bisa dikenali secara instan, hanya
dalam beberapa hari langsung bisa dikatakan baik ato buruk... dia harus
dipelajari selama beberapa waktu...oleh karena itu guru2 tua dulu kalo mau
ngajar seorang murid, dia melakukan pengamatan secara mendalam bahkan
sampai waktu yg lama dan tanpa disadari oleh murid tersebut apakah murid
ini baik ato tidak....bahakan seringkali para guru menyuruh seorang murid
untuk melakukan pekerjaan yang berat2 sampai beberapa waktu untuk melihat
keteguhan hati sang murid apakah dia pantas menerima kebaikan tersebut ato
tidak. sehingga sang guru tidak salah langkah memberikan ilmu tersebut.

pengamatan itu penting karena jaman sekarang ini banyak sekali musang
berbulu domba.. kita jangan sampai salah memberikan kebaikan yang ternyata
kebaikan tersebut digunakan menjadi kejahatan.

dan kalo kata orang dulu, "kalo ilmu sudah berjodoh dia tidak akan lari
kemana-mana."

At 15-06-2007 02:36 +0000, you wrote:

>kalo menurut saya, apapun sesuatu itu, baik ilmu silat atau ilmu
>apapun juga, yang sifatnya adalah membawa kebaikan, sebaiknyalah
>tidak disembunyi-sembunyikan...justru aneh kalo sesuatu yg baik itu
>di sembunyikan
>
>kalo memang ada seseorang yg berniat jahat, lalu mempelajari suatu
>ilmu yang baik (apapun ilmu itu) mudah-mudahan pengaruh dari kebaikan
>ilmu itu bisa membuat seseorang itu menjadi lebih baik
>
>dan yang pasti suatu ilmu yang berfungsi utk kebaikan, bila digunakan
>utk hal2 yg tdk baik, pasti ilmu tersebut tidak akan berfungsi
> [...]

"Mengerti akan orang lain adalah pandai, mengerti akan diri sendiri adalah
bijaksana. Menaklukkan orang lain adalah kuat tubuhnya, menaklukkan diri
sendiri adalah kuat batinnya. Yang puas akan keadaan diri sendiri adalah
kaya raya, yang memaksakan kehendaknya adalah orang nekat. Yang tahu akan
kedudukannya akan berlangsung mati dalam kebenaran berarti panjang usia"

"Manusia utama mengerti mana yang benar, Manusia rendah mengerti mana yang
menguntungkan dirinya. Manusia utama menyayang jiwanya, Manusia rendah
menyayang hartanya. Manusia utama ingat akan hukuman dosa-dosanya, Manusia
rendah ingat akan hadiah jasa-jasanya. Manusia utama mencari kesalahan diri
sendiri, Manusia rendah mencari kesalahan orang lain."

"Tiga puluh buah ruji berpusat pada poros roda di tempat yang kosonglah
terletak kegunaannya! Dengan tanah liat membuat mangkok bundar Di tempat
yang kosonglah terletak kegunaannya! Membobol pintu jendela pada sebuah
rumah Di tempat yang kosonglah terletak kegunaannya! Yang ada hanya sebagai
pegangan Yang kosong itulah yang berguna"