menarik nih....

jurus satunya memukul lurus kedepan...!! kok kayak cikalong ya? jurus2
cikalong jg sangat sederhana (cuma 10 jurus) dan cikalong jg sangat
unik dalam melepaskan kuncian. Pengen liat nih.... Kapan kesana lagi?
Diajak dong.....

Salam Pencak Silat.

--- In silatindonesia@yahoogroups.com, dapit bekam <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Sebelumnya saya saya berterima kasih sama Bang Jamal karena sudah
bersedia dengan senang hati mengajak saya untuk melihat beliau latihan
tadi malam.

> Saya bukanlah ahli silat karena belum pernah belajar silat secara
"benar" tapi suka lihat orang latihan silat, apalagi kalau silat
tradisional.

> Menurut penjelasan Bang Agus, suhu-nya Bang Jamal, silat nya hanya
terdiri dari 12 jurus. Menurut pendapat saya pribadi, setiap jurusnya
gerakannya sangat sederhana, bahkan saking sederhanya mungkin bisa
dihapal sekaligus semuanya (12 jurus) pada satu kali pertemuan.

> Saya belum pernah melihat ada jurus silat sesederhana ini. Sangat
berbeda  dengan jurus beberapa jurus silat tradisional aliran lain
yang rata-rata untuk ngapalin 1 jurus aja bisa beberapa  pertemuan
karena gerakannya cukup banyak.

> Saya kebetulan sudah pernah liat jurus-jurus silat dari beberapa
perguruan/ aliran silat tradisional, tapi yang diperagakan Bang Agus,
adalah yang paling sederhana yang pernah saya lihat. Misalnya, yang
disebut jurus satu adalah mirip dengan satu "choku-zuki" atau pukulan
lurus dalam Karate.

> Bahkan waktu beliau memperagakan jurus 1 s/d 12 sekaligus, saya
pikir itu adalah jurus satu. Eh ternyata sudah semuanya.

> Tapi uniknya, aplikasinya kok bisa banyak banget yak?. Waktu saya
tanya ada berapa teknik kuncian atau bantingan,...Bang Agus bilang
banyak.... dan gak pernah dihitung....!! :-)
> Menurut saya yang awam, teknik kuncian dan "melepaskan diri dari
kuncian" yang diperlihatkan sangat efektif. Tidak banyak gerakan,
selalu langsung ketujuan, stright to the point.....!!

> Menurut beliau, beliau berguru pada seseorang yang dipanggil Bang
Ali Kosim yang dahulu tinggal di daerah Tomang. Sedangkan Bang Ali
Kosim belajar pada keluarga isterinya (tolong betulkan kalau salah
Bang Jamal). Katanya sampai dengan Bang Kosim, silat itu masih
diajarkan sebatas keluarga. Baru Bang Agus yang merupakan murid yang
bukan anggota keluarga.

> Kalau soal aliran silatnya,...... uniknya Bang Agus juga tidak tahu
silatnya aliran apa..., "gak pernah tanya" katanya dan juga beliau
belajar secara privat kepada gurunya.
> Kalau kemaren juragan eko bilang mungkin cingkrik palugada, saya
bilan bukan karena cingkrik kayaknya jurus tidak sesimple itu.

> Nah, kayaknya agak menarik kalau ada yang mau menelusuri. Sepertinya
Bang Agus juga nggak pelit dengan informasi yang kita minta, beliau
berusaha menjawab dan menunjukkan apa yang kita tanya. Bahkan beliau
juga ingin mengajak kita-2 untuk bertemu dengan guru nya biar bisa
bertanya-tanya lebih jauh..

> Wassalam,
>

> To: [EMAIL PROTECTED]: [EMAIL PROTECTED]: Mon, 30 Jul 2007 10:07:21
+0700Subject: [silatindonesia] silat di jobang ciputat...

> Alhamdulillah atas izin Allah, saya, bang dapit bekam/Efdinal, ama
sodara bang dapit, doni bisa dateng ke tempat Bang Agus utk latihan.
setelah kenalan dgn bang dapit dan bang doni, kami ngobrol2 tentang
silat ini, wkt saya tanya ttg nama alirannya, bang agus bilang nanti
kalo udah jalan beberapa jurus, dia akan kasih tau.latihan diawali dgn
saya dan seorang anggota lain jalan jurus. setelah cukup, bang dapit
dan bang doni pun diajak turun oleh bang Agus, ikut jurus satu, dan
praktek beberapa aplikasi kuncian. utk tau lebih lengkap dan mendapat
info yg sekiranya lbh objektif, rekan2 bisa nanya ke bang efdinal
review dr silat tsb. Gimana bang efdinal, udah bisa share blm di milis
ini ttg silat semalem?SalamAziz