Asalamualaikum Wr WB
Untuk Bung Mumu dan rekan-rekan Silat Indonesia... Maaf, saking
nafsunya buat postingan sampe lupa memperkenalkan diri...

Salam hormat buat semuanya yang ada di mailing list ini...
Perkenalkan nama saya Edwin Yusman, dulu pernah berlatih silat dan
jujitsu... Sudah delapan tahun lebih enggak lagi berlatih
beladiri... Alhamdulillah, seiring dengan keinginan saya untuk
kembali mempelajari ilmu beladiri terutama Pencak Silat saya
berkenalan dengan mailing list ini... Sekarang masih liat2 aja,
soalnya belum tau mau ambil jurusan apa... (hehehe emangnya terminal
yah???)
Mohon pencerahan....

Nambahin ulasan Bung Eko, di awal program itu saya sempat merinding
ketika mendengar narasinya... Dalam narasi itu dikatakan, (kalo
enggak salah... Mungkin Bung MCA bisa bantu cek direkamannya...
hehehehe) "Pencak Silat, ONE OF THE MOST LETHAL MARTIAL ARTS in the
world..." Terus ketika Dough usai menyaksikan atraksi debus, Dough
bilang bahwa perjalanannya kali ini akan sulit... "How could we hurt
a guy, that can't feel the pain???" Kalo ngeliat ekspresi Dough
ketika mengatakan itu, kayanya dia bener2 ketakutan... Dan enggak
pernah saya liat dia merasa seperti itu di episode2 sebelumnya...

Oh iya, Guru Rita dan Guru Dadang itu suami istri yah???
Padepokan Guru Rita kalo enggak salah tafsir nih (soalnya dibilang
it's a secret place) itu deket dengan Tangkuban Perahu... Soalnya
ketika Jimmy diajak berlatih senjata yang berbentuk bulan sabit
(yang saya enggak tau namanya) itu sebelumnya berlari dari
padepokan, jadi asumsi saya kayanya lokasi padepokannya sekitar
Tangkuban Perahu...

Review sedikit soal latihan yang dilakukan Jimmy... Kesan
tradisionalnya sangat kental, bener kata Bung Eko seperti film2
kungfu jaman dulu... Dan saya juga punya pertanyaan yang sama dengan
Bung Eko, apakah memang seperti itu teknik berlatih yang diajarkan
di Mande Muda?

Disela2 episode ini, Jimmy sempat mengeluh ketika dia harus berlatih
di Tangkuban Perahu... Dia bilang bahwa tanahnya enggak solid,
sehingga kalau enggak hati2 ada kemungkinan dirinya terjatuh ke
kawah... Padahal, penggunaan senjata berbentuk bulan sabit yang
digenggam itu (saya enggak tau namanya) harus lincah untuk menyerang
dan menghindar... Apalagi senjata itu beneran tajem, jadi harus
lebih hati2 lagi... Belum lagi panas dan bau belerang, katanya...

Jimmy juga mengaku sempat merasa aneh dilatih oleh Guru berjenis
kelamin wanita... Tapi setelah merasakan pelatihan yang diberikan
Guru Rita dia bilang bahwa dia sangat takjub... Selain karena
keahlian yang dimiliki Guru Rita... Jimmy baru tahu bahwa di
Indonesia, negara yang mayoritas Muslim ternyata masih memberikan
tempat bagi seorang wanita untuk tampil sebagai pemimpin...

Latihan yang dilakukan Dough dan Jimmy sangat berbeda meski dilatih
oleh Guru yang berasal dari satu perguruan... Misalnya Guru Dadang
enggak melakukan upacara penyucian (bola mata ditetesi air dengan
daun sirih dan mandi air kembang), seperti yang dilakukan Guru Rita
kepada Jimmy... Lalu Dough enggak dilatih dengan menendang pohon
pisang dan bertengger diatas patok bambu di empang...

Bila Guru Rita memberikan Jimmy latihan endurance, speed dan
power... Guru Dadang memberikan pelatihan yang sifatnya kekuatan
yang sepertinya hanya difokuskan pada tubuh bagian atas... Misalnya
Dough harus menerima pukulan dan tendangan berkali2 diperutnya...
Satu pertanyaan yang sedikit mengganggu bagi saya sebenarnya adalah
kenapa punggung kaki kanan Dough yang bengkak akibat menendang siku
lawan latihnya enggak diobatin ya??? Ampe bengkak gede banget
soalnya...

Oh iya, satu lagi pelatihan Pencak Silat yang diberikan kepada Jimmy
dan Dough menurut saya agak kurang... Soalnya enggak banyak teknik
yang diajarkan kepada mereka berdua, enggak seperti episode2 Fight
Quest sebelumnya... Atau mungkin karena proses editing-nya yang
membuat saya berpikiran seperti itu???

Untuk Bung Mumu, usul yang sangat bagus tuh... Mudah2an Discovery
Channel tertarik... Kungfu aja pernah dibuat beberapa episode, mulai
dari sejarah, jurus, teknik perkelahian, serta jenis dan penggunaan
senjata2nya... Entah subyektif atau tidak, menurut saya yang baru
tahu sebatas kulit terluar dari Pencak Silat... Pencak Silat lebih
menarik dari sisi jurus, teknik maupun persenjataannya yang enggak
kalah unik, eksotis dan mematikan...

Salah satu persenjataan yang bener2 baru saya lihat dan ketahui
adalah yang digunakan Jimmy pada episode FQ itu... Juga senjata yang
bernama KUKU MACAN (seperti celurit, namun bedanya lengkungannya
enggak penuh, sekilas mirip pisau kukri) yang dipakai lawan Dough
ketika Dough diajarkan cara bermain toya... (Rekan2 ada yang tahu
jenis2 senjata yang dikenal dalam Pencak Silat enggak???)

SALAM!!!

Kirim email ke