bilang aja di jepang wajib...hehehhehehe... namanya aja usaha...

biar di Indonesia jadi wajib juga sama pemerintah....khan kita2 juga yang
senang...

--- On Tue, 9/23/08, dasaman_allaria <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
From: dasaman_allaria <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [silatindonesia] Re: Silat menjadi kegiatan Wajib di Sekolah
To: silatindonesia@yahoogroups.com
Date: Tuesday, September 23, 2008, 11:44 AM

            --- In silatindonesia@ yahoogroups. com, Sudirman Yan
<sudirman_yan@ ...> wrote:

> Maaf ya , kalau itu saya tidak tahu pasti.

> Semula saya heran juga, kenapa Kempo yang diwajibkan, tetapi orang Jepang
> beranggapan

Kempo itu adalah beladiri Jepang sendiri.

Yang benar adalah: di Jepang TIDAK diwajibkan belajar beladiri, apalagi KEMPO.

Kalo ada yang bilang bahwa beladiri WAJIB dan itu KEMPO,salah besar :D Berani
taruhan deh.

Lha wong kenalan saya yang bangkotan kuliahan di Jepang malah bawanya Karate,
Judo,

Aikido, gak ada tuh yang wajib2an, semuanya pilihan. Malah saya gak kenal
bangkotan

kuliahan yang belajar kempo, wakakakakakaka :D

Kalo ada beladiri yang DIWAJIBKAN di Jepang, itu harusnya SUMO, sebab itulah
satu2nya

beladiri yang dianggap olahraga nasional Jepang.

Mungkin masalah wajib kemponya ini tergantung perguruan tingginya, kebetulan
kuliah di

perguruan tinggi A yang memang wajib kempo. Kalo di B,siapa tahu yang wajib
malah Judo,

dan masuk C, eladalah kok ya gak disuruh belajar apa2.