Bang Firdaus dan Bang Carlos

Sekedar saran, apa mungkin ide kam ini ditulis di media lokal (seperti Sora
Sirulo misalnya). Ini sangat brilian dan benar adanya tuk menghadapi ledakan
pengangguran yg tinggi di Sumut. Sekitar minggu lalu, saya baca berita di
Waspada bahwa ratusan lulusan USU bingung begitu di wisuda bakal mau
kemana. Saya yakin talenta mereka ada, tapi masalahnya adalah informasi dan
keterbatasan wawasan saja.

Sekedar cerita, Mamak berkunjung ke Jepang dan kami jalan2 keberbagai objek
wisata lokal. Mamak kaget karena kok turis2 asing nya bukan org barat lagi,
tapi banyak indihe (india) dan cina yg ber gaya2 menenteng kamera panjang2
yg pasti mahal harganya. selidik2 punya selidik mereka adalah pegawai
perusahaan IT, semikonduktor dan telekomunikasi yg tersebar di Jepang,
Taiwan dan Korea, sedang berlibur saat itu. Rupanya Indihe sudah masuk ke
asia Timur. Panas kuping ku begitu tahu bahwa begitu hebatnya mereka
menyerbu dunia. Apakah mungkin bermimpi org2 Karo ada di berbagai tempat di
dunia untuk bekerja dan mengirim dollar/riyadh/pounds/euro ke kampung?

AKu pikir org2 karo pun jago2. Montir contohnya. Banyak montir paten di
medan.  Asal ada sertifikat, plus pengalaman, mereka bisa kerja di
pabrikpusat Toyota dunia di Nagoya. Juga perawat misalnya, amerika, belanda
dan macam2 negara lainnya siap menampung..Tapi tentu saja, wawasan yg
terbuka dan informasi akan peluang2 macam ini, memegang kunci.

Ari