--- Martin Peranginangin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> &gt; Mjj Lae,
> &gt; By the way, gimana kisahnya boru Surbakti itu? Jangan-jangan seperti
> pepatah&nbsp; Minang, cinto di awak kawin di urang.. hehehe...
>

> Mejuah2 juga...
> perangin2 itu sebenarnya sama dgn bangun ya...dan paralel dgn sinaga dan bbrp
> marga dr raja lontung(termasuk siregar)jadi ber abang/adek..
> &nbsp;

 Martin Peranginangin wrote:
  Peranginangin dari Lotung memang buku Richard Sinaga juga bilang
> begitu, tapi kok menurut&nbsp;saya tidak ilmiah. Peranginangin ya
> Peranginangin, &nbsp;Peranginangin ada 18 sub merga salah satunya Bangun.
> Menurut histori masing-masing memiliki latar belakang kampung berbeda-beda.
> Cerita tarombo Richard Sinaga itu berdasarkan cerita dari mulut ke mulut,
> jelas ditolak (kebanyakan) orang Karo. Kalau memang Karo datang dari Toba,
> mengapa bahasanya juga koq berbeda jauh.&nbsp; Bisa jadi memang ada asimilasi
> antara Karo dan Toba, tapi bukan keseluruhan.
-----------------------------

siregarlove wrote:

Sepertinya memang Toba dan karo itu memang beda kalau sekilas saya baca buku
ttg karo.Saya sendiri lebih cenderung karo adalah karo dan toba adalah
toba.Kalau ada kemiripan saya kira memang terjadi asimilisasi.konsep dalihan na
tolu di toba itu jelas di toba karena ada cerita rakyat/mithosnya>>itu dari
marga siregar yang mengambil 2 isteri sekaligus dari Lontung klo tdk salah...
Nah bagaimana konsep itu di Karo...apa ada cerita rakyatnya sehingga konsep
merga silima, tutur siwaluh, rakut si telu itu bisa muncul...?itu perlu digali
sehingga pertanggungjawaban bhw karo itu beda dgn toba bisa diterima....plg
tidak bhw legenda/cerita rakyat-nya bisa berdiri sendiri/masing2...

Saya sendiri gak terlalu pusingkan semua itu....mau sama keq, mau berbeda kah
itu urusan para Athropolog spt Juara Ginting...bagi saya yang penting hanya
boru Surbakti itu....(ha...ha...)
Boru Ginting gak mau Win?bukan aku gak mau...tapi br.Surbakti masih prioritas
pertama dan utama :-).he...he...

Saya sih ambil gampangnya saja...kalau dipikir2 Erwin Siregar itu masih ada
hubungannya dengan Mike Tyson-kalau ditarik dari garis keturunan nabi Adam:-).
Kebetulan Mike Tyson jadi anak jalanan di Brooklyn New York sementara saya jadi
anak jalanan/gelandangan di Batam ini.Sama saja kan?sama-sama berbeda:-)
Dia jadi petinju dan saya jadi pemulung:-)

> [...]
> saya mengkaitkan dgn tanah karo karena saya mengkaitkan apa efek/impact org
> karo yg berpolitik di medan or jakarta thd org karo di tanah kelahirannya.
> Saya kira kembalinya kesana sehubungan dengan slogan marsipature hutana
> be(apa tuh bahasa karo-nya).Pastilah ke tanah karo rujukannya.. .gak mungkin
> org karo yg di
> amerika or eropah sana or org karo yg di P.Bali yg jadi rujukan.Atau org karo
> sdh tdk mayoritas lagi di tanah karo? mis sdh byk org jawa or etnis lain
> bermukin disitu?.Kalau tidak ada money politic saya yakin mayoritas tanah

  Martin Peranginangin:

> Secara geografis wilayah orang Karo tersebar di Kab. Karo, Medan Binjai,
> Langkat, Deli Serdang dan sebagian (kecil) di Simalungun serta Pakpak.
> Politik Belanda yang memecah wilayah Karo (home town) &nbsp;hanya tersisa di
> Tanah Karo.&nbsp; Sejak perkebunan tembakau di Deli mencapai masa booming,
> para pekerja berdatangan ke Medan termasuk Cina Keling, Aceh, Toba dan
> lainnya. Sehingga orang Karo dan Melayu menjadi minoritas hanya dalam kurun
> waktu singkat.&nbsp; Maksud saya, secara geografis wilayah orang Karo itu
> 'luas'. SAya sendiri dari oppung bapak saya sudah di Langkat.
---------------------------------
siregarlove:

Oh begitu...saya baru tau itu...saya sangka hanya kabupaten tanah karo
saja.Jadi yang bisa disebut bonapasogit/tanah asal org karo itu
dimana?Kabanjahe dan Berastagi?Binjai, Langkat, Desa budaya Lingga???.Kalau
Toba itu kan jelas bonapasogitnya yaitu danau toba dan sekitarnya...artinya
adat/istiadat di tempat itu masih standard/acuan bagi org toba
dimanapun...bagaimana dengan Karo?

 --------------------------

> [...]
> tapi hanya muncul di rumah ibadah setahun sekali. Kalo di
> &nbsp;tempat saya ada yang istilah kristen kapal selam. Muncul pas natalan
> aja!&nbsp;&nbsp;Nah, seperti itu kan susah menilainya.
>
> siregarlove: Knapa susah menilai menilai org yg makin relijius?saya kira
> gampang...org yg makin relijius akan semakin rajin membantu anak yatim/piatu,
> menolong org miskin, makin berkurang korupsinya, tidak lagi mendendam, tidak
> iri, mudah mengampuni, suka perdamaian, hormat terhadap orangtua, mertua or
> kalimbubu, berkurangnya angka pembunuhan or bunuh diri...saya kira itu mudah

Martin Perangin-angin:

> Ini kan diskusi di dunia maya. Kerjaan mencari tahu&nbsp;itu bukanlah domain
> kita. Tapi seandainya juga mudah, sudah pernah Kam lakukan itu?

siregarlove:

Itu mah domain setiap org Pak Martin Yth selama dia tertarik mengamati hal
itu.Sekilaspun bisanya dilakukan itu-mis sambil baca koran atau diskusi di
kedai kopi..Gak dilakukan lbh bagus lagi ...supaya jgn kita jadi sibuk ngurusi
orang ketimbang ngurusi/membenahi diri sendiri:-)

Martin Perangin-angin:
> [...]
> mudah terkumpul soalnya...krn sebelumnya sdh terkumpul melalui komunitas
> rohani...orang yang relijius itu harus berdiri diatas semua orang/golongan,
> berdoa untuk semua org(walau beda partai)--ketika org relijius masuk suatu
> partai dia membatasi/mengkebir i kerelijiusan yg sdh ada/akan ada
> Konteks Jerman, Belanda dan amerika latin berbeda jauh dgn Indonesia. Ini
> hanya masalah beda pemahaman... sama seperti di Israel sana...sama2 Rabi
> Jahudi tapi ada yang setuju dan ada yg tidak setuju berdirinya negara israel

Martin Perangin-angin:

> Hahaha...Lae kelihatannya utopis. Mengharapkan para agamawan saling
> mendoakan. Saya memang berharap FPI bisa mendoakan saya biar selamat sentosa.
> Tapi saya kira sampai kedatangan Tuhan yang kedua kali tak kujung tiba.
> Itu dulu Lae, tapi unang ho tersinggung holan diskusi di waktu sengang.
---------------------------------------
siregarlove:
Jaman sekarang ini lebih baik Utopis daripada stress Lae...paling tidak masih
punya harapan or idealisme:-)

salam dari ruli kampung nenas raya batam centre:-)

siregar, erwin

> [...]
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
> &gt;
>
> Expand your social network today - Yahoo! Singapore Search.

Tired of visiting multiple sites for showtimes?
Yahoo! Movies is all you need
http://sg.movies.yahoo.com