From: Joe Average [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, November 05, 2003 2:31 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [tanya-jawab] Problem dual card jaringan

Halo,

Saya punya server dengan 2 card network, terinstall
RH9. Problem yang saya alami adalah kesulitan untuk
start card yang kedua, selalu muncul pesan : Error,
some other host already uses address 192.168.9.77
(saya sudah cek dari komputer lain, bahwa IP itu nggak
ada yang pakai). Kalau konfigurasi saya balik (eth0
jadi eth1 dan sebaliknya), tetap device yang kedua
yang akan gagal start.

Kalau saya start dengan perintah :
  ifup eth1 dari konsol (terminal) akan tetap error.
tetapi kalau saya konfigurasi ulang :
  ifconfig eth0 192.168.9.77 netmask 255.255.255.0
bisa jalan lancar (cuma saya nggak bisa tempuh langkah
ini karena ada beberapa servis yang sudah butuh hal
ini saat start awal).

Saya coba lacak script dari ifup dan kalau baris
perintah berikut dicomment, akan jalan normal :
 #    if ! arping -q -c 2 -w 3 -D -I ${REALDEVICE}
${IPADDR} ; then
 #      echo $"Error, some other host already uses address
${IPADDR}."
 #      exit 1
 #    fi
Ini adalah langkah sementara saya sampai mendapat
solusi yang benar (toh saya yakin nggak ada IP
double).

Anehnya kalau perintah arping tersebut dijalankan dari
terminal (saat eth1 belum start sekalipun), akan ada
respon (entah darimana / dari servis mana nggak tahu)
:

  arping -c 2 -w 3 -D -I eth1 192.168.9.77
  sent 1 probes (1 broadcast(s))
  recieved 1 response(s)

kenapa ada yang jawab (recieved 1 response(s)) ?.
Ada yang bisa bantu saya memecahkan problem ini ?.

Salam,
Joe