--- Nugraha Prasidha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Dari buku Network Administration Guide yang saya
> baca pada bagian Ethernet
> Autoprobing di sana disebutkan bahwa ada 3 hal yang
> menyebabkan card tidak
> dikenali:
> 1.    Jenis card yang murah (kurang baik mutunya)
> 2.    Kernel tidak akan lakukan autoprobe kecuali
> secara specifik
> diinstruksikan
> 3.    Drivernya gak mau probe pada address yang telah
> ditentukan. Ini terjadi
> untuk menghindari conflict dengan type card lainnya
> yang secara umum
> [...]

Kebetulan kedua card saya buatan intel semua, yang
satu kecepatan 100 sedangkan yang satunya 1 giga.
Hardware saya langsung dikenali dan bisa jalan baik.
Keanehan hanya terjadi pada cek apakah ada IP double,
dan selalu hasilnya YA (double). Kalau checking IP
dengan arping (pada script ifup) saya ignore (di
comment), jalan mulus.

Ini adalah isi file ifcfg-eth1 :

USERCTL=no
NETMASK=255.255.255.0
BOOTPROTO=none
HWADDR=00:02:b3:af:f1:a6
DEVICE=eth1
IPADDR=192.168.9.77
GATEWAY=192.168.9.2
TYPE=Ethernet
ONBOOT=yes
NETWORK=192.168.9.0
BROADCAST=192.168.9.255
PEERDNS=no

Sedang isi file ifcfg-eth0 :

DEVICE=eth0
BOOTPROTO=none
BROADCAST=192.168.9.255
IPADDR=192.168.9.88
NETMASK=255.255.255.0
NETWORK=192.168.9.0
ONBOOT=yes
GATEWAY=192.168.9.2
TYPE=Ethernet
USERCTL=no
PEERDNS=no

Mungkin ada yang tahu mekanisme internal dari arping
?. Kalau itu shell script, saya bisa langsung baca,
tapi saya lihat itu adalah program binary jadi saya
nggak bisa apa-apa.

Salam,
Joe