Dari buku Network Administration Guide yang saya baca pada bagian Ethernet
Autoprobing di sana disebutkan bahwa ada 3 hal yang menyebabkan card tidak
dikenali:
1.      Jenis card yang murah (kurang baik mutunya)
2.      Kernel tidak akan lakukan autoprobe kecuali secara specifik
diinstruksikan
3.      Drivernya gak mau probe pada address yang telah ditentukan. Ini terjadi
untuk menghindari conflict dengan type card lainnya yang secara umum
menggunakan alamat yang sama.

Untuk lebih jelasnya ada baiknya anda lihat pada halaman 59-61 Chapter 3.3
Ethernet Installation.

Buku bisa didownload di http://www.tldp.org/guides.html
The Linux Network Administrator's Guide, Second Edition
version:  1.1
authors: Olaf Kirch and Terry Dawson
last update:  March 2000
ISBN:  1-56592-400-2