> halo all, pengen tanya nich, mudah-mudahan ada yang bisa jawab.
>
> saya baru baca sesaat doc. dari lifewithqmail, apakah bisa membuat 2
> domain tetapi dalam 1 inbox? jadi bila dia kirim ke [EMAIL PROTECTED]
> berarti dia terkirim ke [EMAIL PROTECTED] kurang lebih seperti itulah.
++ bisa, jika anda install juga vpopmail , set dulu 1 domain sebagai default
domainnya trus bisa gunakan 'vaddaliasdomain' untuk ngeset domain yg ke 2
sebagai aliasnya. utk yg ini baca manual vpopmail.

> nach yang saya bingungkan untuk membangun qmail seperti diatas apa saja
yang
> diperlukan?
++ yg dibutuhkan :
- daftarkan ke 2 domainname tadi dns server yg udah jalan oke.
- bangun linux, install paket2 yg dibutuhkan saja, kemudian install qmail
sesuai di lifewithqmail yg anda baca atau manual lainnya.
- pasang apache web server (jika anda akan bikin juga webmail-nya)

> apakah kita perlu menyeting apache untuk virtual domain-nya
> atau yang lainnya? atau cukup hanya setting di qmail-nya aja?
++ tergantung kebutuhan, tapi tanpa set virtual domain pun gak ada masalah.
kalo anda pasang juga webmail, tinggal arahkan supaya user yg mau login ke
webmail di server dgn domain test.com akan mengarah sama pd server dgn
domain test2.com

salam,
-rianu-