> coba lihat, /var/qmail/control/ldapuid dan /var/qmail/control/ldapgid
> sepertinya belum diset. isi dengan uid user 'vmail' atau user virtual
> utk domain anda. coba lihat lagi www.lifewithqmail.org/ldap

ldapgid atau ldapuid sudah di set ke vmail, tapi menggunakan group atau user
number account nya

> ldapsearch -x -h localhost -b "o=company,c=ID" \
>     "-D "uid=puasa, ou=dept, o=company, c=ID" \
>      -w INI_PASSWD_PUASA [EMAIL PROTECTED]

perintah di atas benar ?? ada satu tanda petik yang kelebihan kelihatannya,
btw saya menggunakan ldap v 2.1.22, options (-x) itu kelihatannya tidak ada,
jadi kalau diberi options itu malah keluar error. Apabila dijalankan
perintah diatas dengan tanpa -x, maka akan keluar error :

ldap_simple_bind_s: Invalid credentials

masalah sudah bisa di pecahkan, ada konfigurasi dari ldap nya yang
menggunakan encrypted password dengan MD5, setelah diubah menjadi text,
sudah bisa jalan.

Terimakasih atas bantuannya.