On Friday 21 November 2003 14:25, -*slackbie*- wrote:
> ini bedanya apa yah dgn [EMAIL PROTECTED] dulu (skrg
> [EMAIL PROTECTED]) ??

Pertanyaan seperti ini sudah seringkali diajukan (:
sekarang saya coba jelaskan satu persatu:

# host -t mx linux.or.id
linux.or.id mail is handled by 12865 mx13.client.org.
linux.or.id mail is handled by 12865 mx14.client.org.
linux.or.id mail is handled by 12817 primary-ip.linux.or.id.
linux.or.id mail is handled by 12865 mx11.client.org.
linux.or.id mail is handled by 12865 mx12.client.org.
# host primary-ip.linux.or.id
primary-ip.linux.or.id has address 66.246.41.31

Disini bisa terlihat kan ip 66.246.41.31
kalau dari sisi router saya sih masuknya jalur routing International, tidak
masuk ke routing IIX.

Sekarang saya bertanya:
anda mau pilih yang mana ? Mendukung penghematan bandwidth international atau
tetap dengan kondisi sekarang. Jawaban itu tidak bersifat memaksa anda.

Jika anda masuk pada pilihan pertama, tentunya saya yakin anda paham maksud
migrasi milis tsb. Jika anda masuk pada pilihan yang kedua (tetap dengan
kondisi sekarang) maka kasus ditutup.

Melihat dari header email anda, berikut data - datanya:
        by ngoprek.triton.it (Postfix) with SMTP id 283D438

Saya bisa mengasumsikan bandwidth international anda sangat besar, sehingga
rasa - rasanya saya pesimis jika anda masih memikirkan soal bandwidth
international yang harus dihemat.

Sekedar menjadi pemikiran saya:
Indosat adalah BUMN, dimana tiap effort yang dapat dihemat oleh perusahaan
tersebut akan menjadi keuntungan negara dan bisa mensejahterakan rakyatnya.
Alangkah baiknya apabila devisa negara yang terbuang, dalam hal ini membayar
bandwidth International bisa dihemat, sehingga kesejahteraan rakyat bisa
meningkat ketimbang harus membuang sekian rupiah demi membayar biaya
bandwidth international yang sebenarnya dapat dihemat.

Regards,
Rio Martin.