On Sat, Nov 22, 2003 at 10:16:16AM +0700, Rio Martin wrote:
> anda mau pilih yang mana ? Mendukung penghematan bandwidth international atau
> tetap dengan kondisi sekarang. Jawaban itu tidak bersifat memaksa anda.

Termasuk menggunakan email domain martin.mu? hi..hi.. :-))

[EMAIL PROTECTED] adi]$ whois 209.126.185.22
[Querying whois.arin.net]
[whois.arin.net]

OrgName:    California Regional Internet, Inc.
OrgID:      CALI
Address:    8929A COMPLEX DRIVE
City:       SAN DIEGO
StateProv:  CA
PostalCode: 92123
Country:    US

kalau nanti milis dipindah ke groups.or.id, maka kebutuhan
bandwidth jadi dobel, kirim ke sana dan ke sini lagi :P

> Indosat adalah BUMN, dimana tiap effort yang dapat dihemat oleh perusahaan
> tersebut akan menjadi keuntungan negara dan bisa mensejahterakan rakyatnya.
> Alangkah baiknya apabila devisa negara yang terbuang, dalam hal ini membayar
> bandwidth International bisa dihemat, sehingga kesejahteraan rakyat bisa
> meningkat ketimbang harus membuang sekian rupiah demi membayar biaya
> bandwidth international yang sebenarnya dapat dihemat.

isu penghematan devisa ini benar. katakanlah itu ide(ologi).
setiap ide harus ada pengikutnya (followers, believers) kalau
tidak hasilnya nihil.

singkatnya gini: memindahkan semua lalulintas content ke IIX itu
ide cemerlang. hanya saja dampaknya akan dirasakan kalau diikuti
dengan pengurangan konsumsi bandwidth ke luar (baca: ISP mengurangi
kapasitas bandwidth international-nya). mungkin ada yang berargumen
tidak harus mengurangi, tapi cukup tidak perlu menambah kapasitas
bandwidth international. argumen ini juga benar, tapi jadi perlu
cara lain untuk mengitung so-called: penghematan devisa (karena
variabelnya jadi lebih banyak).

don't get me wrong .. saya supporter memindahkan lalu-lintas
content internet ke nasional. pernah ada corat-coret soal ini
di milis kiss, sudah duluuu.. sekali malah. cuman masalahnya
kalau saya yang ngomong kagak bakalan ada yang tertarik :-)

kalau saya sih, mending pemerintah mengeluarkan aturan, NAP
tidak boleh memiliki kapasitas BW international lebih dari
2Mbps, berikut lisensi NAP dibatasi. hayo .. ! siapa ntar
yang protes? :)))

OK deh .. ini menyimpang dari topik. Kembali ke topik ...
menjadikan satu milis ini isunya bukan soal gagah-gagahan
bisa mengelola milis sendiri dengan ideologinya sendiri
dst .. tapi soal efisiensi. jangan sampai menggali sumur
baru (reinvent the wheel). c'mon .. kita ini orang IT ..

Kalau benar isu nge-fork milis baru ini merupakan isu
hemat bandwidth, mungkin cocoknya dibahas di linux-aktivis?

Salam,

P.Y. Adi Prasaja