On Fri, Dec 05, 2003 at 04:19:23PM +0700, Mohammad Muktafi wrote:

> Dear All,
>
> Saya mempunyai masalah dng mailserver yg menggunakan sendmail , ketika
> mengirim mail melalui client windows 2000 / 98  status progress bar nya
> terasa lama sekali , padahal mail < dr 1 Kb .....kenapa yach ?
Servernya lain komputer? Bisa jadi, perlu adanya autentikasi di server
mail, agar anda tidak dianggap sebagai spammer. Server mail dibuat agar
tidak bisa memberikan akses seenaknya, yang bisa dimanfaatkan para
spammer. tanyakan kepada admin mail yang bersangkutan bagaimana agar
bisa mengakses mail servernya