On Tue, Jan 06, 2004 at 01:53:52PM +0700, -<<- I.R. Harahap -- Medan ->>- wrote:
> Selasa, 6/1/2004 10:26 WIB
> Sistem operasi open source, Linux, diketahui memiliki kelemahan kritis di
> kernelnya. Temuan ini adalah pukulan telak kedua bagi reputasi Linux sebagai
> sistem yang aman.
>
> Berita selengkapnya dapat dilihat di
>
> http://www.detikinet.com/software/2004/01/06/20040106-102531.shtml
Sudah lama aku ngak respek pemberitaan soal IT dari media Indonesia,
terlalu bombastis dengan pemilihan kata yang "seenak udel-e". dari link diatas,
"pukulan telak kedua"? weh....kurang tuh, sudah berkali-2 kok kelemahannya
"diungkapkan"...;-) (ingat ketika jaman RH 6.2(ato 6.1? lupa), bugs PAM, user biasa
bisa jadi root hanya d/l script kurang dari 10kb). Dan sebetulnya, itu bukan
kelemahan, tapi "bugs". Jurnalis kok ndak bisa nulis, membedakan
kelemahan dan bugs...weleh-2..... Aku percaya, selama dibuat oleh
manusia, tentu saja ada kesalahannya. Namun yang membedakan GNU/Linux
khususnya dan Open Source/Free Software umumnya, adalah kelemahan tsb
bisa cepat diungkap dan cepat diperbaiki (bandingkan dengan kasus
blaster yang menurut info, sebenarnya bugsnya sudah diketahui lama,
cuman perusahaan pembuat OS tsb ndak percaya sampai kejadian worm tsb)

Untuk korbannya, sampai sekarang memang Debian dan Savannah masih
meng-AUDIT tempat penyimpanannya, sehingga masih ada beberapa bagian
dari server yang non aktif, apakah masih ada backdoor yang
tertinggal. Korban yang lain? setelah berita itu muncul, dan ada
perbaikannya, paling tidak saya saat ini ndak mendengar lagi.......