Dear all,

Saya menggunakan mailserver qmail dengan OS Radhat 9, apa saja yang harus
diconfigure atau di set agar SMTP tidak open relay? Yang saya sudah
lakukan adalah set file tcp.smtp untuk menentukan blok IP Address manasaja
yg di allow. Saya menanyakan ini karena saya pernah mendapatkan kasus sbb
:
Koneksi mengunakan telkomnet dan SMTP mengunakan SMTP mailserver saya,
kalau kirim ke email dengan domain yg tidak hosting di mailserver saya
atau tidak ada pada rcpthosts, tidak dapat dikirim. Tapi kalau kirim ke
domain yg hosting di server saya bisa di kirim. Seharusnya tidak bisa
kirim kemanapun, menggunakan IP yg tidak terdaftar di tcp.smtp seperti IP
telkomnet.
Apakah yang saya harus lakukan agar benar2x close relay?

Ada satu lagi pertannyaan. Saya install proftpd untuk FTP server, setiap
restart server, proftpd-nya tidak starting automatically. saya harus
menjalankan perintah : "/usr/local/sbin/proftpd start". Apa yg harus saya
lalukan agar starting automatically? dan bagaimana cara set quota untuk
user FTP pada proftpd agar bisa dibatasi quota upload filenya?

Atas bantuan dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Thx
Uchim