On Monday 26 January 2004 21:43, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> [...]
> yg di allow. Saya menanyakan ini karena saya pernah mendapatkan kasus sbb
>
> Koneksi mengunakan telkomnet dan SMTP mengunakan SMTP mailserver saya,
> kalau kirim ke email dengan domain yg tidak hosting di mailserver saya
> atau tidak ada pada rcpthosts, tidak dapat dikirim. Tapi kalau kirim ke
> domain yg hosting di server saya bisa di kirim. Seharusnya tidak bisa
> kirim kemanapun, menggunakan IP yg tidak terdaftar di tcp.smtp seperti IP
> telkomnet.
> Apakah yang saya harus lakukan agar benar2x close relay?

Loh..kalau memang domain tersebut terdaftar sebagai domain yang hosting di
mail server Anda atau dengan kata lain terdaftar di rcpthosts , maka dari
manapun SMTP servernya ya..pasti diterima oleh SMTP Server Anda....!
Yang Open Relay itu kalau SMTP server Anda dapat di gunakan utk merelay Email
yang berasal dari  SMTP Server Lain yang menjadikan SMTP Server Anda
seolah-olah sebagai Mail Gateway baginya sementara SMTP Server tersebut tidak
dijinkan, Atau  SMTP server Anda dapat di gunakan utk merelay Email
yang berasal dari  Mail Client yang IP addressnya tidak terdaftar dalam file
seleksi Relay spt di file /etc/tcp.smtp.

> Ada satu lagi pertannyaan. Saya install proftpd untuk FTP server, setiap
> restart server, proftpd-nya tidak starting automatically. saya harus
> menjalankan perintah : "/usr/local/sbin/proftpd start". Apa yg harus saya
> lalukan agar starting automatically? dan bagaimana cara set quota untuk
> user FTP pada proftpd agar bisa dibatasi quota upload filenya?

Lihat Log Messages nya..utk menganalisanya..!