On Mon, Jan 26, 2004 at 08:12:47PM +0700, Eric Gunadi wrote:
> Rekan2 LinuXers,
>
> Ada yg ingin saya tanyakan seputar masalah NAT dng IP Masq. Dari yg saya
> baca di http://www.tldp.org/HOWTO/IP-Masquerade-HOWTO/aliasing.html,
> pertanyaannya sbb:
>
> 1. Bisakah rekan2 menjelaskan, bgm bisa sharing koneksi internet dng
> menggunakan 1 NIC dng Linux yg sekaligus merupakan
>    NAT gateway ? Lalu bgm mana dng source(incoming)-nya ?
eth0 tsb sebagai source incomingnya....
> 2. Jika saya letakkan mail server saya pd segmen LAN (lihat skema) agar bisa
> diakses dr luar, adakah fasilitas inbound
>    mapping pd Linux spt pd Cisco Router ?
saya ndak tahu incoming inbound itu apa:-) tapi bisa, masq ajah port 25 agar diterima
server dalam. server email ini juga letaknya di dalam, bukan mesin yang membawa ip
publik. tergantung set server emailnya bagaimana. iptablesnya cuman memforward/masq
port 25 ke mesin dalam

--
Program Diploma Teknik Elektro
Universitas Gadjah Mada

gpg-key: http://te.pdft.ugm.ac.id/~jaya/jaya.gpg
Key fingerprint = 8F89 C7CF 0B0C 27F2 4F64  9DED DB5F E088 079E C5E4