On Fri, Jan 30, 2004 at 11:55:08AM +0700, Denie Nataprawira wrote:

> tempohari saya pake qmail-scanner, berhubung domain banyak akhirnya ada
> error. rewrite-error dan bikin hdd hangky-pangky! :(

Kalau menggunakan patch qmail-smtpd-viruscan dari Russell Nelson bisa
menolak signature dari file-file yang didefinisikan di level SMTP.
Dan sepertinya sudah ada yang posting tuh di milis qmail signature
file-file worm yang baru.

> akhirnya dinonaktifkan. dan hingga kini belum ada solusi. kaya`nya sih dari
> proc-limit yang bikin hang, karena banyak domain, jadi stuck.

Terkadang 'harga' content filter itu jauh lebih mahal dari sebuah MTA.
Saya pribadi, untuk mengurangi load, lebih memilih menghold/menolak/
attachment yang dicurigai virus dan unknown user di level SMTP. Dan
load di content filter bisa diperkecil...

> tapi, qmail-scanner yang dipake di mesin yang isinya cuman 1 domain doank,
> tidak ada masalah sama sekali :)

 Asfihani