On Tue, Feb 03, 2004 at 01:21:04PM +0700, Mpu Gondrong wrote:
> Sori kalo ikutan nimbrung, kebetulan email ini muncul setelah saya
> kirim reply sebelumnya. Knp tidak dari awal dibilang binary-suitable?
> Ini lebih tepat maknanya ketimbang binary-safe. Toh yg minta
> diperjelas bukan saya saja. Konyol bukan? :-)

saya tidak bilang binary-safe :-) ingat, smtp menerima 128 karakter
ascii. metode text encoding sendiri tidak masuk ke dalam spec
smtp (rfc2821, 4.1.1.4). ada juga spec (extension) supaya
memungkinkan orang mengirim data binary over SMTP tapi belum
(banyak) diimplementasikan orang.

> Penambahan yg terjadi hanya 20% (bukan 2/3).

di mail saya terdahulu, lebih tepat kalau saya bilang: berkisar
sampai kurang lebih 2/3 dari ukuran semula. dan ini bersifat
relatif, tidak perduli attachment tipe apa (.exe, .zip dll).
yang pasti, pada implementasi yang ada sekarang. data binary
yang dikirim melalui SMTP akan selalu memaksa kita mentransfer
data lebih besar dari ukuran sebenarnya. ini tidak terjadi pada
transfer data via http/ftp.

btw, soal mereject zip, saya set 2 postfix. postfix pertama
saya pasang clamav, postfix 2 saya set mime_header_checks untuk
meng-hold executable dan zip attachment. sekarang ini ada ratusan
.zip mail yang tertangkap, dan semuanya positif oleh clamav
dinyatakan sebagai worm. jadi, kalau saya reject semua zip di
smtp level, kerugiannya sangat kecil. toh si pengirim masih
bisa complain karena mailnya direject :-)

dari sudut pandang yang lain, kalau mereject attachment zip
ini ditujukan untuk menghemat bandwidth (bahkan oleh pengguna
postfix yang memanfaatkan mime_header_checks), ini sama dengan
mimpi di siang hari bolong. memang dampak buruk dari amplifikasi
worm dengan notifikasi tolol ke user bisa dihindari, tapi ini
soal lain.

untuk itu lah saya bilang, kita tidak bisa melakukan apa pun
untuk mengatasi ketololan user windows, selain menyarankan
untuk segera, dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya, berpindah
ke linux :-))

hint: perhatikan bedanya antara bounce dan notifikasi dengan
      direject/didrop di smtp level.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja