Hanya tambahan,

> untuk membagi koneksi dengan mail & web, saya menggunakan routing
langsung,
> bukan NAT, lalu saya ingin membatasi hanya port2 tertentu saja yang
terbuka,
> bagamana caranya yah?
> trus mencegah DDoS, smurf attack, dll, bgm yah?
> saya ingin menggunakan iptables sbg firewallnya....

mencegah DDoS, mana bisa ? ada yang bisa ? kasih tau dong kalau bisa
Anda tidak bisa mengatur orang kirim paket ke anda

mencegah agar anda tidak jadi smurf amplifier
echo "1" > /proc/sys/net/ipv4/icmp_echo_ignore_broadcasts

firewall pake iptablesnya udah bisa kan ?
tinggal
# block semua secara default
iptables -P FORWARD -j DROP
# untuk smtp
iptables -A FORWARD -p tcp -dport 25 -j ACCEPT
iptables -A FORWARD -p tcp -sport 25 -j ACCEPT

Dion