Usul saya buat mas. asfihani sbg senior karena
sebelum ke postfix anda dahulu adalah user qmail..
betul ngga ? dan saya yakin maksud anda itu baik.

tetapi untuk memberikan masukan kepada user mengenai
MTA haruslah secara seimbang jika memungkinan
berikan perbandingan secara jelas dan seimbang juga,
sedangkan apa yang akan dipilih oleh user..
adalah hal yang lain, saya yakin tingkat kesulitan
installasi/setting antara kedua MTA tsb adalah sama
dan kelebihan ke 2 MTA, juga sama.

kalo menurut saya sih antara 2 MTA tsb begini nih...

postfix = Win$  -> segala sesuatu sdh tersedia tinggal
                   di set dan di pakai alias mudah
qmail   = linux -> sistem kerjanya hrs dipelajari/dimengerti
                   terlebihi dahulu dan dibutuhkan skill
                   yang cukup agar segala sesuatu dapat
                   berjalan dengan baik alias susah alias memerlukan
                  semangat dan motivasi yang tinggi agar bisa berhasil
                 alias spirit Linux.

STOP PRESS !