> Ada tutorial yang sempat ditulis dan bisa diupload?

maksudnya manual saat saya menginstall postfix dkk? saya dapat dari
http://person.olami.net.id/~duken/tutorial/postfixadmin-courier.html dan
http://www.linux-kita.com/avudz/instalasi-postfix.htm

saat saya menginstall/mengkonfigurasi postfix ini nggak sempat bikin
catatan-catatan. :(

> Betul agak berbeda, kalau always_bcc akan mengarsip SEMUA message yang
> keluar/masuk Postfix, sedangkan {recipient,sender}_bcc_maps hanya
> mengarsip message berdasarkan pada penerima(recipient) atau
> pengirim(sender).

> Gunakan recipient_bcc_maps, bukan always_bcc :-)

oke deh, nanti saya coba...

> Diasumsikan anda ingin mengarsip berdasarkan domain dari alamat
> penerima, maka di file /etc/postfix/main.cf tambahkan:
>
> recipient_bcc_maps = regexp:/etc/postfix/recipient_bcc_maps
>
> /etc/postfix/recipient_bcc_maps:
> /[EMAIL PROTECTED]/          [EMAIL PROTECTED]
> /[EMAIL PROTECTED]/           [EMAIL PROTECTED]
>
> Sorry RE diatas mungkin masih ugly, koreksi diharapkan.
> Lalu postfix reload dan dicoba ditest, sederhana bukan? :-)

> Sorry, saya kurang familiar dengan distro spesifik. Selama ini
> menjalankan Postfix masih dari rc.local. KISS...

> [...]

terima kasih atas perhatian dan petunjuk yang diberikan, mudah-mudahan
bisa berguna bagi rekan-rekan yang lain juga.

salam,
Oeban Poetih.