> Untuk mengakomodasi keperluan anda tersebut di Postfix, tinggal setup
> suatu pemetaan alamat_penerima -> alamat_forward_otomatis
> (recipient_bcc_maps). Tanpa patch, tanpa dual Postfix (instances).
>
> Lupakan qmail, ganti Postfix :-)
>
>  Asfihani

rekans,

saya sudah berhasil menginstall postfix 2.1.1 di server saya (slackware
9.1) dan sudah (berhasil) saya coba untuk auto bcc tapi dengan menggunakan
always_bcc. apakah ini berbeda dengan recipient_bcc_maps?

masih ada masalah yang mengganjal dengan auto bcc ini, yaitu bisakah hal
ini dilakukan untuk lebih dari satu domain? soalnya mailserver yang saya
konfigurasi ini multi domain. sehingga semua email yang dikirim/diterima
oleh seorang user akan di-bcc-kan ke user yang telah ditentukan di
always_bcc?

yang saya inginkan adalah:
domainsatu.com -> always_bcc: [EMAIL PROTECTED]
domaindua.com -> always_bcc: [EMAIL PROTECTED]
dst...

apakah ini dimungkinkan? bagaimana caranya?

terus, ada yang aneh di mesin saya ini. ada beberapa service yang tidak
mau jalan saat booting. padahal sudah saya tempatkan script-nya di
/etc/rc.d/ dan sudah di-chmod 755 dan di-chown root, ini kenapa ya?
service lainnya seperti httpd, sshd dll. mau jalan tetapi beberapa service
seperti postfix, courier-imap tidak mau jalan. akhirnya untuk sementara
saya tempatkan dulu di rc.local.

saya sudah coba dengan pkgtool->setup->services tapi tidak semua script
yang ada di /etc/rc.d ditampilkan, yang ada hanya rc.httpd, rc.mysqld dll.
pada hal didalamnya ada rc.postfix, rc.courier-imap dll. kenapa ya? bantu
dong...

salam,
oeban poetih.