Cilakanya pihak direksi sebagai orang awam setuju karena presentasi dari
pihak software house  yang menarik.
# yg menarik apanya dulu ? apakah dari segi dana "project" sehingga
dapat meyakinkan direksi kamu ? kalo direksi anda (awam) apa mungkin
nyambung pembicaraan teknologi DB
yg dipresentasikan oleh pihak konsultan itu ? kenapa tidak cari tahu lebih
detil ?

Bagaimana memberikan penjelasan kepada pihak direksi (sebagai orang
awam) tentang untung ruginya penggunaan database "hand made".
# yach....repot dech... :) jelasin... anda dengan saya bisa mengerti !
tapi direksi apa bisa mengerti ? DB itu apa ? SQL itu apa ?

Soalnya ada software house yg menawarkan system mereka dan mengklaim
bahwa databasenya mereka buat sendiri.
# ini issue atau beneran ? kenapa kok anda sendiri tidak tahu "produk
lokal" mereka ? malah sama2 mengklain kesannya :)jadi binyuunnggg..

Perusahaan saya berencana migrasi dari MS SQL server ke  database yang
"hand made".
# Hand Made ini maksudnya apa ? apakah "buatan lokal" ? setahu saya DB
yang dipakai oleh DBA adalah
  turunan SeQueL..apa nama aplikasi DBnya "Hand Made" itu?

Mohon pencerahannya kalau ada URL mungkin yang membahas ini
# idem