On Thu, 2004-06-24 at 10:52, Tanya Jawab Linux wrote:
> Hai milisers ...
>
> Saya diminta menghubungkan dua jaringan LAN (LAN A dan LAN B) yg terpisah
> oleh jarak kurang lebih 30 m (outdoor). Jaringan kedua LAN itu memakai kabel
> UTP (bukan wireless). Pertanyaan saya begini:
>
> 1. Apakah bisa membangun LAN A dan LAN B menjadi satu network ?
>    Perangkat wireless apa saja yg diperlukan ?

Maksud anda, dalam satu network address?
Bisa saja sih, tapi itu juga artinya membuat LAN A dan LAN B dalam satu
broadcast domain, jadi kurang disukai karena cost wireless itu tinggi,
sayang kalau digunakan untuk propagasi broadcast
Jadi lebih disukai kalo dilakukan segregasi antara 2 LAN itu dengan
menggunakan router.

> 2. Kedua LAN tetap dalam networknya sendiri, namun client A dapat sharing
>    resources dengan client B, begitu juga sebaliknya.

Apa yang anda maksud dengan Sharing resources ini? NFS? LPR? FTP?
Anything that can work with TCP/IP and routeable ya pasti bisa

>    Perangkat wireless apa saja yg diperlukan ?

Wah ini banyak, saya malah bingung jawabnya

> Pertanyaan terakhir, pada device wireless yg saya coba "D-Link AirPlus
> DWL-650+2.4 GHz Wireless Cardbus Adapter" untuk percobaan peer-to-peer
> dengan komputer lain yg juga dilengkapi dg device wireless dr D-Link,

Curious, anda pakai OS apa sih? Soalnya setahu saya chipset Texas
Instrument rewel sekali di Linux. Pakai ndiswrapper kagak jalan, sampai
ada yang bikin kernel module sendiri. SAya rada lupa dimana URL-nya
Sekarang sih DWL-650+ plus saya dipensiunkan dari Solaris dan Linux,
cuman dipakai Windows saja

> bagaimana saya bisa mengetahui bahwa wireless ini mempunyai data transfer
> rate sampai 22Mbps sesuai dg yg di-iklan-kan ? Software atau tool network
> apa yg biasa dipakai untuk uji kecepatan transfer data ?

Kalo mau cari cara gampangnya ya tinggal bandingin sama 802.11b biasa,
transfer file yang sama ukurannya terus dibandingin. Logikanya kecepatan
transfer akan dua kali lipat.