hmm, banyak pertanyaan dijawab dengan pertanyaan pula heheheheh

ketika saya berbicara tentang wireless radio,
saya berbicara mengenai perangkat radio yg berdiri sendiri.
(dlink, senao, netgear, planet, zcomax, smartbridges, mikrotik, aironet
de el el).
bukan tentang membuat linux box sendiri dengan wireless card didalamnya.

Karena perangkat terpisah, tentu saja kompatibel dengan semua OS,
karena fungsinya murni bridge/repeater sehingga melewatkan semua format
adat
(walau ada beberapa radio yg bisa diatur protokol apa saja yg bisa
lewat)
ibaratnya cuman perpanjangan kabel dengan cara wireless
(kabel gak akan melihat OS yg terpakai kan =D )

Hati hati dalam memilih radio, karena ada beberapa radio yg murni
sebagai acces point,
sehingga tidak bisa berfungsi sebagai bridge/repeater.

Untuk mengecek bw, saya menggunakan software Qcheck dari NetIQ,
bisa mencek throughput, streaming dan lainnya.
Pengalaman sih, gak pernah ada yg dapat murni sesuai data rate yg
tertera.
(11 Mbps cuman dapat 4 Mbps, 22 Mbps cuman dapat 6-7 Mbps)

Kalo mau tau lebih banyak, mungkin bisa gabung ke milis indo wli.
(tapi saya sendiri gak gabung sih =D )

lordsanjay