> "Loebak~" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> 1. Distro apa yang cocok untuk itu (seperti web hosting bisa email, mySql,
> PHP dan juga yang lainnya)
banyak, hampir semua distro bisa digunakan untuk keperluan diatas. Contoh,
redhat, slackware, gentoo, mandrake, dll.

banyak juga, diantaranya http://efnet.linux.or.id, http://www.benpinter.net/

> 3. Apa mungkin aku yang baru newbie di Linux bisa setup server?
mungkin, sangat mungkin. asal mau belajar. saya sendiri kenal linux tahun
2000, itu pun sebatas pemakaian untuk desktop saja dan hanya sebentar saja
untuk kemudian beralih lagi ke ms-windows. baru di tahun 2003 saya
beranjak lagi ke linux dan berani untuk mensetup dan mengkonfigurasi
webserver, mailserver, ftpserver dll.
saya belajar dari tutorial yang ada di internet baik berbahasa indonesia
maupun inggris ataupun di mailing list. 'senjata' yang saya pakai untuk
mencari informasi di internet adalah http://www.google.com/linux.

> 4. Untuk sementara dan coba-coba cukup gak HD 4 GB saja?
cukup

> 5. Dimana aku bisa dapetin distro itu dan apa saja yang lain yang harus
> aku lakukan
coba ke http://www.gudanglinux.com atau di http://www.distrowatch.com/.
hal lain yang harus dilakukan adalah belajar.

> 6. Sulit gak yah?
relatif, kalaupun sulit bukan berarti tidak bisa diatasi. cari informasi
di internet atau dibuku, tanya sana-sini

maaf, jika sekiranya tanggapan ini kurang memuaskan. saya hanya ingin
berbagi pengalaman dengan sesama pengguna gnu/linux.

salam,
Oeban Poetih.