On Wed, 2004-06-30 at 10:10, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> maaf, barangkali sudah pernah di bahas. saya pendatang baru. Di kantor saya
> selama ini  masih menggunakan microsoft. Tetapi pasti lambat laun akan
> berpindah ke linux. Dan memang sudah ada permintaan boss utk kearah sana.
> Tetapi saya bingung dalam memilih distro linux. Yang mana yang akan saya
> pilih. Apakah RedHat, Debian, Mandake, Suse atau Slackware.
> Tolong solusinya...?

Ini anda pakai sebagai pengganti desktop bukan? Bukan untuk server kan?
Kalau untuk desktop, saya anjurkan daripada memakai distro GPL yang free
seperti di atas, saya sarankan anda membeli solusi dekstop Linux yang
pre-canned. Memang komersial jadi kudu bayar, tapi saya rasa comfort
zone yang diberikan akan lebih nyaman, dan supportnya juga bagus.
Kecuali kalau anda selama ini (maaf) hanya memakai product MS bajakan
tanpa support.

Dari solusi Linux desktop yang saya coba : Linspire (was Lindows), Sun
Java Dekstop System (Madhatter dan Quicksilver), Red Hat Linux Desktop,
SuSeLinux Dekstop, dan Xandros.

Dari kesemuanya yang saya sarankan adalah :
a. Xandros Deluxe Edition, kalau tidak salah sekitar US$89/seat, ini
bagusnya disediakan software Crossover Codeweaver Office untuk bisa
menjalankan software Windows, seperti MS Visio (yang sampai sekarang
saya rasa still better than Dia or StarOffice Draw/Presentation)
b.Sun Java Desktop System 2 (Quicksilver), ini kehebatannya adalah
kemampuan APOC centralized management dan remote desktop takeover untuk
memudahkan deployment dan maintenance dalam skala besar. Keuntungannya
adalah builtin license untuk StarOffice dan reduced price kalau server
Internetnya pakai product Sun juga. Kalo untuk harga off the shelf
kayaknya US$100/seat.