--- [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Salam,
> ada yg punya script atau link script cara menggenerate password
> user?,
> paling tidak user dan password disamakan saja, berhubung usernya
> ratusan
> jadi kalau manual satu-stau gempor juga nih.
> terimkasih sebelumnya
> wasalam

Maaf kalo jawaban saya agak terlambat, mungkin anda malah sudah
mendapatkan caranya. Tapi setelah mencoba beberapa kali, saya temukan
sendiri jawabannya, jadi lumayanlah utk sharing pengalaman.

Script sederhana bisa digunakan utk mengadd lebih dari satu user dan
otomacet, eh otomatis generate passwd yang sama dg user_name-nya.
Caranya:

1. Buat file yang berisi list nama user yang akan di-add, satu nama
user tiap baris. Dan _hanya nama user_, jangan diisi dg keterangan lain
(saya belum tahu cara yg lebih advanced). Misal nama file tersebut
adalah list.txt

2. Sebagai root, jalankan script berikut:

for username in `cat list.txt`;
    do useradd -g INIT_GROUP -G ADD_GROUP -s SHELL_TYPE "$username" ;
    echo $username | passwd --stdin $username ;
done

INIT_GROUP, ADD_GROUP, dan SHELL_TYPE diganti sesuai dg keinginan
sistem anda.

3. Selesai.

Semoga membantu.

=====