On Fri, 6 Aug 2004 13:58:33 +0700, Chris Bianco <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Maksudnya bukan di record DNS.
> Seandainya saya sudah kompile dan install qmail, katakan sbb :
>
> [EMAIL PROTECTED] qmail-1.03]#make setup check
> [EMAIL PROTECTED] qmail-1.03]#./config-fast mail.aaa.co.id
> .....dst
>
> Dan mail dan webmail sudah jalan semua, terus karena suatu hal saya mau
> ganti dari mail.aaa.co.id ke ccc.co.id, apakah hal ini mungkin.

AFAIK, hostname mailserver malah nggak perlu diubah (biarkan saja
kalau nggak mau repot) sebab yang menentukan adalah record di DNS
untuk domain tersebut.

> Kenapa tidak dirubah direcord DNS-nya, karena DNS servernya hosting di ISP.

Justru kenapa tidak ?. Anda tinggal kirim email ke pengelola DNS di
ISP tersebut untuk minta perubahan DNS record sehubungan dengan
perubahan MX anda itu.