On Fri, 6 Aug 2004, Chris Bianco wrote:

:: From: "Cahyo" <[EMAIL PROTECTED]>, Sent: Friday, August 06, 2004 11:50 :
::
:: > :: 1. Di tempat saya sudah berjalan qmail dgn nama MX mail.aaa.co.id,
:: vpopmail
:: > :: skrg sudah handle 2 domain (aaa.co.id dan bbb.co.id)
:: > :: Apakah bisa/memungkinkan jika kita mau ganti nama MX di qmail dari
:: > :: mail.aaa.co.id menjadi mail.ccc.co.id. jika bisa langkah apa saja yg
:: harus
:: > :: kita lakukan.
:: >
:: > Kan udah ada DNS recordnya tinggal diarahkan aja MX ke masing2 domain
::
:: Maksudnya bukan di record DNS.
:: Seandainya saya sudah kompile dan install qmail, katakan sbb :
::
:: [EMAIL PROTECTED] qmail-1.03]#make setup check
:: [EMAIL PROTECTED] qmail-1.03]#./config-fast mail.aaa.co.id
:: ....dst
::
:: Dan mail dan webmail sudah jalan semua, terus karena suatu hal saya mau
:: ganti dari mail.aaa.co.id ke ccc.co.id, apakah hal ini mungkin.
:: Kenapa tidak dirubah direcord DNS-nya, karena DNS servernya hosting di ISP.

Oo..begitu semuanya hasil dari config-fast ada di /var/qmail/control tapi
itu tidak berpengaruh lho terhadap vpopmail kamu, paling cuma keluar di
HELO headernya nya aja, jadi mo pake nama apa aja gak pa2 misal nanti
diganti ini.header.apaan.sih.kok.panjang.banget.mail.aaa.co.id :)

::
:: > :: 2. Webmail saya alamat aslinya ada di http://www.aaa.co.id/mail/src/,
:: jika
:: > :: saya mau buat linknya menjadi http://webmail.aaa.co.id, (istilahnya
:: seperti
:: > :: redirect ... cmiiw) saya harus setting di webservernya(apache) atau di
:: dns
:: > :: servernya (bind), atau di keduanya, dgn asumsi ip mail server ada di
:: > :: 202.155.1.10/10.1.1.2
:: >
:: > Tambahkan record DNS dengan nama webmail.aaa.co.id unutk menuju ke IP
:: > webserver www.aaa.co.id, trus tambahkan virtual host di webservernya
:: > dengan nama webmail.aaa.co.id
::
:: Baik pak, yg ini akan saya coba dahulu.
::
:: > regards,
:: >
:: > Cahyo