Saya dah berhasil install linux sbg gateway, trus karena repot harus seting
ip secara manual di client maka akhirnya saya install squid sebagai proxy,
dan sudah berhasil squidnya. tapi kenapa di client akses internetnya jadi
lambat sekali ?, beda bila tidak pake squid.
trus sebelum pake linux udah coba install proxy lagi di windows tapi
hasilnya cepet banget beda dengan kita pake squid.

apakah pake squid emang lambat? ada nggak proxy yang lain yang lebih cepet ?

Thanks.