On Mon, 06 Dec 2004 12:30:48 +0700, Didit DR <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Saya lagi mengevaluasi kembali kebutuhan bandwidth internet, untuk
> menjustifikasi perlu atau tidak penambanhan bandwidth (selain keluhan
> pelanggan) saya butuh metode untuk kalkulasinya berdasarkan jumlah client .

Menurut saya bisa dengan gabungan antara asumsi b/w yang bisa didapat
oleh satu orang user jika konek internet melalui dialup (anggap saja
28.8 kbps) dengan data realisasi utilisasi bandwidth yang ada sekarang
(dari MRTG) dan juga dengan jumlah koneksi concurrent yang melalui
gateway anda.

Akan lebih membantu untuk justifikasi jika anda bisa minta kepada ISP
untuk melepas sementara batasan bandwidthnya dengan tujuan untuk
mengetahui berapa sebenarnya bandwitdh yang terpakai (bisa dilihat di
MRTG). Lalu tinggal dicari titik ekonomisnya atau titik dimana
diperkirakan user cukup puas dengan performa yang ada.