Selamat pagi LinuXers,

Bisa minta penjelasan atas kasus yg saya alami sbb:

Di linux box saya (RH 9), saya buat DNS entry domain o77.co.id, dengan record mail.o77.co.id (sebagai mx) & ns.o77.co.id (name server) dengan masing2 record tsb (termasuk domain) mempunyai ip sama yi: 202.155.0.17. DNS resolver sudah saya arahkan ke loopback interface. Kemudian saya test pake dig hasilnya ok:

; <<>> DiG 9.2.1 <<>> o77.co.id mx
;; global options: printcmd
;; Got answer:
;; ->>HEADER<<- opcode: QUERY, status: NOERROR, id: 35433
;; flags: qr aa rd ra; QUERY: 1, ANSWER: 1, AUTHORITY: 1, ADDITIONAL: 2

;; QUESTION SECTION:
;o77.co.id. IN MX

;; ANSWER SECTION:
o77.co.id. 86400 IN MX 1 mail.o77.co.id.

;; AUTHORITY SECTION:
o77.co.id. 86400 IN NS ns.o77.co.id.

;; ADDITIONAL SECTION:
mail.o77.co.id. 86400 IN A 202.155.0.17
ns.o77.co.id. 86400 IN A 202.155.0.17

;; Query time: 68 msec
;; SERVER: 127.0.0.1#53(127.0.0.1)
;; WHEN: Tue Mar 15 21:18:43 2005
;; MSG SIZE rcvd: 97

Kemudian saya test ping biasa "ping mail.o77.co.id". Test ping berhasil (reply from 202.155.0.17...), hanya saja setiap kira2 10 detik kemudian reply message baru muncul. Tapi kalau saya test ping dari kompie lain yang DNS-nya saya arahkan ke DNS saya, hasil test ping-nya bagus. No delay. Kenapa bisa begitu ?

Kemudian, ada lagi yang menjadi pertanyaan saya dari hasil test dig di atas. Spt yg tertulis di atas, query time: 68 msec. Tapi kalau saya ketikkan "dig o77.co.id mx > /tmp/dig, hasil "cat /tmp/dig" tertulis di situ bahwa query time: 1 msec. Bukankah output redirection ini hanya mengalihkan tampilan dari layar monitor ke file ? Kalau ya, mestinya hasilnya sama 68 msec, bukan begitu ?

Mohon maaf kalau pertanyaannya terlalu basic. Tapi justru yang basic pun saya masih belum mengerti. Maka dari itu, saya butuh penjelasan dari rekan2 LinuXers. Atas respon dari rekan2, saya ucapkan terima kasih sebelum dan sesudahnya.

Salam,
LinuxDesktop