From: "Firdaus Sentosa" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, June 29, 2005 8:18 AM
Subject: [tanya-jawab] Kebanggaan akan Linux

Sebelumnya agar saya dimaafkan terlebih dahulu karena apa yang akan saya
sampaikan ini mungkin akan mengundang polemik yang panjang.
Saya kutip 2 email mengenai 'kesombongan' pemakai Linux di bagian bawah.
Menurut saya ada beberapa hal yang membuat Linux masih kurang populer.
1. Program / aplikasi pendukung yang masih kurang dibanding Windows.
   Hal ini wajar karena Windows sudah mapan bertahun-tahun.
   Meskipun ada Wine dan sejenisnya, hal itu membuktikan bahwa Linux
   user masih belum murni 100% karena masih membutuhkan aplikasi
Windows.
2. Kurangnya dokumentasi Linux. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya
   distro serta GUI-nya, dimana masing-masing memiliki perbedaan.
   Ini yang saya lihat dalam milist ini, dimana isinya sebagian besar
berisi
   pertanyaan mengenai setting-an / konfigurasi Linux maupun
aplikasinya.
3. Linux awalnya menggunakan mode teks sehingga setiap command harus
diketik.
   Hal ini membuat image awal bahwa Linux itu sulit, dan sampai sekarang
masih.
4. 'Kesombongan' pengguna Linux. Seperti Linux itu lebih secure, tidak
ada virus,
   jarang error, dll. Padahal Linux, seperti halnya Windows,
mengeluarkan patch
   maupun update untuk menambal kekurangannya.
   Menurut saya 'kesombongan' ini terlalu ditonjolkan, terlebih dengan
menjelekkan Windows.
   Padahal yang 'menyombongkan' tersebut menurut saya tidak jauh beda
dengan saya
   yang cuma pemakai.
   Maksud saya, sebagian besar pengguna Linux tidak beda dengan Windows.
   Saya tidak melihat kelebihan Linux sebagai open source kalau Linux
user hanya
   tinggal menginstall dalam bentuk binary / rpm ataupun mengcompilenya.
   Saya merasa bahwa yang berhak 'sombong' itu yang berhasil
mengutak-atik pada
   level source code (yang berarti juga membuktikan bahwa Linux itu open
source)
   seperti pembuat distro Trustix ataupun lainnya yang berhasil
memodifikasi Linux
   dengan menambahkan sesuatu yang baru (kan gampang ditambahkan kalau
ada source code-nya).

Demikian pendapat saya.