Dear ..All.

> Teman2.
> Saya masih baru di pengguna Linux dg Fedora Core 4. Sekarang lagi terpasang
> di PC saya, dual boot WinXp dan FC4.
> Bagaimanakah caranya data2 dikedua OS itu bisa dibuat satu tempat saja ?
> Sekarang ini diinstall masing2 OS punya masing2 drive Data, dan tak bisa
> saling baca.

anda bisa mount drive data anda di linux, asumsi saya drive data anda
bertipe ntfs
$ su (pindah ke root)
# mkdir /data (bikin direktori tmpt mounting)
# fdisk -l (cari partisi data ntfs, misal ketemunya /dev/hda5 )
# mount -t ntfs /dev/hda5 /data

kalo anda pengen partisi tsb diload secara otomatis pada saat boot,
anda bisa tambahkan entry di /etc/fstab sbg berikut..

$ su
# vi /etc/fstab
// tambahkan baris berikut :
/dev/hda5 /data ntfs users,owner,ro,umask=000 0 0

oh iyya, sbg catatan anda hanya bisa membaca file di partisi tsb
karena kernel bawaannya FC 4 blm mendukung  mode write pada partisi
NTFS.. kecuali anda upgrade sendiri kernelnya

selamat mencoba..!! and CMIIW

rgrds,

Iwan