halo,

tapi kalau dipikir lagi dengan aturan iptables sbb:

iptables -t nat -A PREROUTING -i eth0 -p tcp --dport
80 -j REDIRECT --to-port 8080

maka request port 80 sebenarnya kan tidak diblok,cuma
dipindahkan aja ke port 8080, betul tidak?
tapi setelah lewat proxy port 8080 keluarnya kan juga
port 80 nanti diredirect lagi ke port 8080, jadinya
looping terus donk???
1.semua request ke port 80 di redirect ke port 8080 untuk di handle oleh squid. 2.setelah nyampe di port squid, squid akan me-manage request tsb berdasarkan konfigurasi yg anda berikan di squid.conf.

#iptables -t nat -A PREROUTING -i eth0 -p tcp --dport
80 -j REDIRECT --to-port 8080

itu permanen atao hilang waktu reboot? kalo hilang
waktu reboot sih aman untuk saya coba, tapi kalo
permanen gimana cara nghilangin-nya? jaga2 kalo gagal.
1. record pada table nat tsb akan hilang bila anda reboot, kalau pengen permanent ketik /sbin/iptables-save 2.kalo sudah ke save, ngilanginya pakai /sbin/iptables -t nat -D PREROUTING 1

CMIIW.

Bener kata mas Rony, coba dulu baru beli :))
Geta
----- Original Message ----- From: "LinuxMurah.com" <[EMAIL PROTECTED]>