> Postfix itu SMTP server. Tidak ngurusin POP3 sama sekali (baik server
> maupun client).

> Gimana tepatnya yg anda maksud "ndak bisa"? Gimana tepatnya yg anda
> maksud "ga mau masuk"? Caranya anda "test dari cbn ke mail server
> anda" itu gimana? Kalo anda tidak spesifik gitu jelasinnya ya org
> lebih susah/lama bantunya.
>
> Seperti saya bilang, Postfix cuma SMTP server aja, jadi dalam kasus
> anda cuma ngurusin email keluar aja. Untuk *ambil* email (e.g. lewat
> POP3) anda pake program lain yg tidak berhubungan sama Postfix,
> [...]
mail server yang aku gunakan adalah lokal, dan aku sudah buat untuk masing2
user mail tersendiri untuk jaringan lokal, dan tidak bermasalah ( bisa
saling kirim dan terima , dilihat dari mailbox masing2 user di postfix dan
tidak masalah ) dan aku memiliki 5 email dari cbn dan itu aktif semua (
setiap hari selalu ada akses kirim & terima email ), dan sekarang mau coba
ke5 email tersebut keluar melalui mail server lokal yang aku buat! ( baik
untuk terima atau kirim ), jk postfix hanya smtp saja dan aku hanya bisa
ambil lewat program lain ( kmail atau mozilla mail ) apakah bisa dikumpulkan
di mail server lokal aku! dan lalu aku distribute ke client lokal?
namun untuk ambil email dari server cbn saja tidak bisa? ( di mail cbn
kosong / tidak sampai )

mohon penjelasan dari rekan ronny