> Hehe, ini salah kaprah. Saya sudah pernah jelaskan sebelumnya (cari di
> arsip milis). Cache itu memang harusnya selalu penuh kalo sudah dipake
> bbrp saat. Penuhnya cache nggak bikin lambat. Biarpun penuh tapi kalo
> object yg paling sering diakses semua ada di cache kan seharusnya gak
> lambat (kecuali bottlenecknya ada di disk, IO, dsb). Kalo cache
> kekecilan nah baru bisa ada potential lambat. Kalo cache kekecilan
> itu object2 yg paling sering diakses tidak cukup dimasukin semua ke
> cache. Jadinya sering cache miss.

memang yg  mas bilang bener.. sama kaya /var pada linux dan
utilitas harddisk pada linux maupu windows sama saja. logika nya
hardisk penuh (95%-99% dari kapastitas) ato bahkan sudah full
dia mau nulis kemana lagi mas dan akan mengakibatkan proses jadi
lambat.. istilahnya kertas buat nulisnya sudah habis.. coba saja
folder queue mail anda sudah penuh ( alias /var 100% full) toh
si qmail gak bakal bisa nglanjutin pengfiriman email.. <-- cuma
contoh

soalnya saya sudah pernah ngalamin... dan solusinya ya seperti
yg dijelaskan sebelumnya..

kemungkinan lainnya adalah memorinya kudu ditambah agar akses ke
cachenya lebih kenceng..

:)
rzk