On Mon, Nov 14, 2005 at 02:07:46AM +0000, rezky wrote:

> memang yg  mas bilang bener.. sama kaya /var pada linux dan
> utilitas harddisk pada linux maupu windows sama saja. logika nya
> hardisk penuh (95%-99% dari kapastitas) ato bahkan sudah full
> dia mau nulis kemana lagi mas dan akan mengakibatkan proses jadi
> lambat..

Justru point saya itu. Analogi itu salah. Cache tidak bisa disamakan
dengan normal storage.

Cache penuh belum tentu lambat kalo cache utilisationnya (hit
rationya) tinggi. Sebaliknya, cache yang besar sekali pun belum tentu
bisa membuat cepat kalau cache utilisationnya (hit rationya) rendah,
karena cache akan penuh dg object tapi semuanya tidak ada yg sering
diakses, jadi tetap request ke internet lagi.

Kembali ke definisi cache, tempat penyimpanan sementara utk object yg
paling sering diakses. Ukurannya biasanya relatif lebih kecil tapi
akses ke cache ini jauh lebih CEPAT drpd ke sumbernya. Makanya dia
kalo udah bbrp saat digunakan akan selalu penuh. Tapi kalo hit
rationya tinggi, maka biarpun cachenya penuh aksesnya akan berasa
cepat aja karena cuma ke cache, bukan ke sumbernya langsung.

Memang kalo cache digedein ya otomatis makin banyak object yg bisa
ditampung tapi tidak menjamin dia jadi lebih cepat.

BTW, kalo /var penuh biasanya langsung error, bukan lambat lagi.

Ronny