On 2/28/06, Bagudung Cyber <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> apakah firewall di mailserver anda jalan....?
> coba nmap mail server anda untuk localhost, apakah port 25 dan 110 nya kebuka?

> apakah mail server anda sudah didaftarkan di DNS server anda...?
> apakah port 25 nya udah bisa diakses dari luar (public)?

> coba di /var/log/maillog

> bisa banyak sekali penyebabnya...
> service nggak jalan, di blok di firewall.
> settingan anda belum benar...
>
> --cokki--
> Linux can help figure out stuff that make me feel like a complete IDIOT

1. ini hasil nmap
(The 1657 ports scanned but not shown below are in state: filtered)
PORT    STATE  SERVICE
22/tcp  open   ssh
25/tcp  open   smtp
53/tcp  closed domain
80/tcp  open   http
110/tcp open   pop3
443/tcp open   https

untuk domain/dns (53) saya sudah 'buka' rulenya di iptables :
#Allow incoming DNS
$IPTABLES -A INPUT -p udp --dport 53 -j ACCEPT
$IPTABLES -A INPUT -p tcp --dport 53 -j ACCEPT

tapi saya tidak pasang dns server disana, karena saya perta tanya
dimilis ini kalo ingin install mailserver tidak perlu dns,cukup
letakin nama domain mail kita di /etc/resolv atau /etc/hosts.
dan memang dns tersebut letaknya dikomputer lain. bagaimana sebenarnya yg tepat?

2. domain-domain yg saya buat sudah saya daftarkan di dns (pc1)  dan
kalo saya coba 'dig' dari luar/dalam bisa. semua port 80/25/110 di
(pc2-mailserver) tidak bisa diakses dari luar, kecuali di dns server
(pc1-dns/gateway/firewall) bisa.