From: "Wahyu Cahyadi" <[EMAIL PROTECTED]>, Sent: Friday, June 16, 2006 3:07
PM

> bisa ajah mas kalau mail server dibelakang gateway, gatewaynya
> modem/router adsl ya ?
> namun permasalahannya ip public speedy yang dikasih ke pelanggan gak
> bisa diakses dari luar/internet  CMIIW, mungkin karena uplink dan
> downlinknya beda kalee yeee (downlinknya lebih gede dibandingkan
> uplinknya) , sehingga speedy di desain jagoan kalau untuk browsing atau
> download, kalau ada temen yang pernah pakai speedy untuk kebutuhan
> seperti mas chris (untuk publish mail server (smtp,pop3)  tolong bagi
> pengalamannya donk :)
> [...]

Mas Wahyu,

Berarti dari sisi software bisa ya, kebetulan saya mau pake linux.
Justru ini yang saya mau tahu, apakah bisa adsl speedy buat smtp danm pop3.
Apakah 1 IP yang kita dapat itu dipasang di modem ADSL atau di gateway kita.
Kalau di modem router, terus bagaimana kita konfigure

Saya belum dapat modem ADSL, kemungkina minggu depan baru dapat.
Karena telkom bilang kasih free untuk modem dan biaya aktivasinya.

Barusan saya tanya ke orang telkom, nanti saya informasikan jika sudah ada
jawabannya.
Kalau setting NAT di modem ADSL, seperti saran mas Green Baretz, mungkin
modemnya harus support NAT/PAT

salam
Chris