Saya sekarang pake Kubuntu Dapper Drake versi amd64. Saya pake
komputer ini untuk development java di Eclipse. Kenapa komputer saya
berat sekali ya setelah sekian lama? Memory saya 512 dan swap 512 Mb
juga.

Saya perhatikan sistem berjalan dengan baik sampai pada akhirnya
ketika swap penuh, sistem menjadi lambat. Space swap yang tersisa
hanya 10 Mb atau kurang.

Saya udah cari2 di internet. Ada yang bilang untuk komputer dengan
memory 512 ke atas sudah tidak perlu swap lagi. Makanya saya coba
comment in # di /etc/fstab untuk swap (baca: tidak memakai swap).
Malah komputer jadi makin lambat.

Yang mau saya tanyakan:
1. Berapakah sebenarnya besar swap yang ideal? Kalo 1:2 (ram:swap),
saya pikir tidak praktis karena semakin besar memory akan semakin
besar juga swapnya.
2. Swap kan dihapus dengan lazy (erase when needed). Apa ada teknik
yang menarik untuk membantu linux membersihkan swap lebih rajin? Atau
optimasi data load.

secara teori sih, katanya mem:swap itu 1:2
tetapi untuk kasus2 tertentu, kita todak perlu mengikuti ini seperti
misalnya ram kita gede.
swap itu sebenarnya diperlukan untuk menampung proses yang butuh
memori besar tetapi tidak cukup untuk di load di memory fisikal. jadi
intinya kalau menurut saya.
kita tetap saja butuh swap, untuk me-load aplikasi yang haus memori.
kalau untuk besar swapnya, ini tergantung kebutuhan (jenis aplikasi
yang digunakan, besar  ram, dll)

NB: Hard disk itu jauh lebih lambat dari memori, jadi kalau kita
menggunakan swap gede, otomatis akan berpengaruh ke performansi komp
kita.

--
Linux can help figure out stuff that make me feel like a complete IDIOT