Halo,

Saya perlu mengcapture _semua_ email yg masuk lewat Sendmail (the MTA)
ke suatu tempat (mbox (preferred), maildir, ...), TANPA si Sendmail
mengirimkan emailnya ke actual recipients, regardless recipientnya ke
domain mana aja. Pokoke semua email.

Kalo di Postfix saya bisa bikin gini di master.cf:

    pickup    fifo  n       -       -       60      1       pickup
        -o content_filter=dbgcapture
    20025     inet  n       -       -       -       -       smtpd
        -o content_filter=dbgcapture
    20026     inet  n       -       -       -       -       smtpd
        -o debug_peer_list=127.0.0.1,192.168.1.0/24
        -o content_filter=dbgcapture
    dbgcapture unix  -       n       n       -       -       pipe
      flags=FR user=ronny argv=/usr/bin/tee -a /tmp/capture.mbox

Jadi kalo saya SMTP lewat port 20025, 20026, atau pake
/usr/sbin/sendmail dr command line, semua email yg lewat situ akan
dimasukin ke /tmp/capture.mbox. Intinya saya mau capture semua email
yg masuk tanpa benar2 mengirim, caranya gak usah sama persis sama di
atas, tapi idealnya bisa bekerja lewat SMTP maupun /usr/sbin/sendmail.

Saya sama sekali nggak familiar sama Sendmail, jadi mau minta
petunjuk/hints dr yg sudah pengalaman pake Sendmail kira2 saya mesti
mulai liat dr mana utk ini kalo pake Sendmail?

Thanks!

Ronny