Tambahan lagi, freebsd lebih oke untuk optimize hardware dan sistem paket
software.Karena semua aplikasi bisa decompile dengan mudah melalui sistem
Pemaketan "port". Cukup dengan perintah make , make install semua dependensi
Paket dan library yang lain akan dicari dan kalo perlu didownload langusng
Source codenya.

Setahu saya justru freebsd baru lebih oke dalam pengenalan hardware. Saya
Pernah pake server Acer Altos G310 dengan SATA raid Mylex tahun lalu, malah
justru SATA-nya dikenali oleh FreeBSD 5.4 sedangkan Fedora Core 4 belum
support.

Dari artikel yang saya baca sih perbandingan Linux dan BSD family. Linux
Kernel 2.6 Lebih mature untuk mode SMP (multi processor) dibandingkan
freebsd 5.1.
Kemungkinan sekarang sih FreeBSD sudah menyamai dan mungkin lebih baik
Di release terakhir 6.1

Untuk BUG dan security vurnerable freebsd lebih sedikit ditemukan.
Saran saya sih sesuaikan dengan aplikasi yang akan anda gunakan.
Kalo untuk database server dan aplikasi enterprise seperti Oracle,
Linux lebih banyak disupport. Tetapi kalo digunakan untuk internet gateway,
Mail, DNS, dll server internet saya rasa FreeBSD lebih tepat.

Salam,
G. B.