On Tue, Oct 03, 2006 at 05:13:07PM +0700, nonong wrote:
> Memang seseorang tdk bisa buka/ambil email kita pakai pop3-nya.  Masalahnya
> kan kalau orang tau email kita (tanpa harus tau password) kan bisa
> menggunakan email tersebut untuk mengirim ke orang lain dengan tujuan tidak
> baik.
>
> Jadi seolah-olah kita yang kirim email.  Kita jadi tertuduh.  Misal
> seseorang melakukan spaming ke tanya-jawab dengan email orang lain, kan si
> pemilik email jadi tertuduh, bisa kena bouncing atau bahkan ban oleh
> moderator

Kayak nggak pernah dapet spam aja. Kalo dapet spam yg ngakunya dari
[EMAIL PROTECTED] itu apakah bisa dipastikan kalo George W.
Bush yg ngirim ke anda? Gak ada yg bisa dilakukan oleh whitehouse.gov
utk menghalangi org lain mengirim email palsu dg alamat
@whitehouse.gov. Ganti whitehouse.gov di atas dengan domain apa aja
sesuka anda, hotmail.com, gmail.com, dst. dan kasusnya masih sama aja.

Ini kelemahan mendasar dari SMTP dan berbagai email system yg
digunakan skrg, dan solusinya nggak mudah. Kalo mudah kita mungkin
udah hampir gak pernah dapet spam lagi. Jadi jgn harap ada jawaban
gampang utk pertanyaan anda dlm waktu dekat.

Bahkan anda pun bisa mengirim email ke milis sebagai saya
[EMAIL PROTECTED] kalo anda mau, dan saya gak bisa apa2 utk menghalangi
anda. Tapi email dari saya (hampir) selalu ada digital signature, dan
ini gak bisa dipalsukan, jadi penerima emailnya bisa ngecek apakah itu
bener2 dari saya atau bukan. Domain haryan.to juga punya SPF record,
jadi anda bisa cek apakah email tsb dikirim oleh alamat2 yg ada di SPF
record itu, kalo nggak maka tingkat kepercayaannya makin rendah.

http://ronny.haryan.to/archives/2004/10/09/why-i-digitally-sign-my-emails/

Ronny