saya tidak tahu apakah jawaban saya bisa membantu anda

namun bila saya menemukan permasalahan anda maka saya akan membuat
sebuah file untuk melakukan checking secara rekursif.
nah reportnya kalo pake php ya bikin programnya
namun karena anda menggunakan linux maka anda bisa menggunakan perintah
ls -alR
dengan perintah ini maka akan didaftar semua file yang ada di
direktori anda menjalankan perintah itu dan semua sub-direktori yang
ada.
tentunya dengan perintah ls -alR > simpan.txt
maka semua hasil pencarian akan disimpan di file simpan.txt

kemudiand dengan PHP anda bisa akses file itu untuk kemudian di tampilkan di web
ato juga mungkin disimpan ke database sehingga cukup akses database
untuk menampilkan file yang ada di web

menurut saya (menurut saya pribadi loh) cara ini lebih mudah karena
anda tidak perlu belajar mambo / php nuke (maklum saya belum bisa
mambo)

kelemahan utama adalah perintah ls -alR hanya ada di linux, jadi
proses indexing nya bisa di linux kalo di windows ya harus mencari
padanan perintah di windows

semoga membantu